Bisnis go to online: Hal-hal kecil yang sering dilupakan

Pages

Minggu, 24 April 2016

Hal-hal kecil yang sering dilupakan

Pada malam hari ini, tepatnya hari minggu tanggal 24 April 2016. saya ingin blogging tentang "hal-hal yang sering dilupakan" khusunya oleh  para pembisnis online. sebenernya ini adalah catatan untuk diri saya sendiri. akan tetapi, semoga menjadi pengingat untuk teman-teman yang bersedia meluangkan waktunya untuk membaca blog saya ini. langsung saja masuk kedalam pembahasan....





Cerita sedikit awal mula saya memulai bisnis online, saya memulai bisnis online pada tahun 2015 tepatnya bulan februari. Walaupun saya baru 1 tahun belajar bisnis online, saya banyak sekali mendapat pelajaran dari cara berpromosi melalui online. saya mulai belajar jualan di marketplace, instagram, line at & sekarang fokus di facebook advertising. Pada tahun 2015, saya memfokuskan diri tentang "cara promosi yang efektif agar produk terjualnya banyak." saya terus belajar setiap harinya. menggali ilmu dari ebook,video tutorial dll. ketika penjualannya menurun, saya berifikir lagi "apakah social media tempat saya berpromosi tidak sesuai dengan produk yang saya jual?" atau saya masih belum paham betul tentang cara berjualan?" disitulah saya bertanya-tanya kepada diri saya sendiri.


sampai akhirnya, saya menemukan video di youtube yang memberikan mindset yang sangat bagus kepada saya tentang penyebab terbesar kegagalan bisnis anda. Biasanya orang-orang hanya menyadari bahwa kegagalan ada di faktor eksternal dalam dirinya. banyak orang melupakan faktor internal yang sebetulnya memiliki peran penting terhadap diri kita. untuk lebih jelasnya akan saya detailkan menjadi sangat rinci dan jelas :)


Saya bahas dulu faktor Eksternalnya yang banyak orang sering keluhkan masalah tersebut. Salah satu contoh masalah eksternal adalah tidak bisa memasarkan produknya dengan facebook ads, tidak bisa membuat website, bingung menentukan harga/Pricing dll. Apakah kamu salah satu orang yang merasakan hal tersebut? jika jawabannya "YA" maka lanjutkan bacanya :)

Dalam video tersebut dijelaskan, Kebanyakan orang tidak menyadari bahwa memiliki problem internal dalam dirinya sendiri. ini jelas adalah sebuah masalah. setelah dikasih tau memiliki problem internal justru banyak yang mengelak akan masalah tersebut dan berifikir "ini tidak pentinglah!" ini adalah pola mindset yang salah dan harus diperbaiki segera mungkin. bagi temen-temen yang menyadari pasti bertanya-tanya kepada diri sendiri seperti dibawah ini :



Apa faktor internal yang menyebabkan kegagalan terbesar dalam bisnis kita?









Faktor internal yang menjadi problem dalam diri adalah malu bertanya,minder,trauma & takut gagal. Apakah ini bukan sesuatu masalah yang besar? :) kalo menurut saya pribadi ini adalah sebuah masalah besar yang menjadikan diri kita tidak maju! salah satu contoh : ketika di dalam seminar atau workshop yang pembahasannya tentang bisnis. apakah anda suka bertanya kepada sang pembicara tentang masalah bisnis anda? jujur deh kepada diri anda sendiri. :) misalkan anda memiliki pertanyaan tentang cara mengelola budgetting iklan di facebook atau cara scale up winning campaign. orang-orang yang memiliki masalah internal (malu,minder,trauma & takut bertanya) akhirnya tidak meminta solusi dari masalah tersebut kepada sang pembica yang menyebabkan kegagalan itu terjadi di dalam dirinya sendiri bukan masalah eksternal yang tadi saya bicarakan. sampai sini sudah jelas?


lalu pertanyaannya adalah langkah apa yang harus dilakukan untuk menganalisa penyebab kegagalan dalam bisnis kita? saya pribadi setelah mentonton video tersebut, memiliki kesimpulan sederhana : koreksi diri terlebih dahulu setelah itu analisa masalah di faktor eksternalnya. simple & works !

Semoga Bermanfaat



Salam,
Rivai

0 komentar:

Posting Komentar

 

Business mail

Business mail : Rivai@rivaimuchlis.com

Account Facebook

Facebook : https://www.facebook.com/rivaimuchlis07

Website

My website http://www.rivaimuchlis.com/
 
Blogger Templates